Pages

Pengertian Cuaca dan Iklim



Pengertian Cuaca dan Iklim

Tentu kita pernah mendengar istilah iklim tropis dan cuaca yang ada di bumi, yang mana antara pengertian cuaca dan iklim tersebut sebenarnya tidaklah sama. Banyak yang salah anggap karena mengira tidak ada perbedaan cuaca dengan iklim yang terjadi di bumi ini, sehingga untuk mencari penjelasan tentang keduanya rasanya sangat penting.

Pengertian cuaca, pada dasarnya cuaca adalah perubahan yang terjadi pada atmosfer bumi yang mengakibatkan adanya pergantian antara kelembaban, suhu, curah hujan, angin, serta tekanan atmosfer. Perubahan cuaca ini terjadi bis adalam waktu yang singkat sehingga inilah yang membedakan antara cuaca dengan iklim. Dimana iklim adalah rata-rata perubahan dari cuaca dalam suatu waktu.

Perubahan cuaca terjadi karena beberapa faktor, unsur-unsur penyebab cuaca berubah antara lain adalah sinar matahari, awan, hujan, hujan es, angin, salju, badai, aliran udara, gelombang panas, dan masih banyak lainnya. Hal ini juga yang membedakan dengan iklim.

Pengertian iklim, dapat dijelaskan secara ringkas bahwa iklim merupakan pola perubahan cuaca yang terjadi dalam kurun waktu tertentu di suatu daerah atau wilayah. Para ahli menyebutkan bahwa iklim adalah rata-rata perubahan cuaca yang berlangsung selama waktu tertentu di suatu belahan bumi.

Iklim di sautu wilayah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain rata-rata curah hujan, suhu, sinar matahari, kelembaban, kecepatan angin, dan unsur alam lainnya. Hal ini jelas berbeda dengan cuaca yang dapat berubah dalam waktu singkat serta tidak menentu, kalau perubahan iklim biasanya sudah memiliki pola tetap yang dapat diprediksi.

Artikel Terkait Tahukah Kamu

0 comments:

Post a Comment